Penyebab sein motor mati total

Assalamuallaikum sahabat otomatif,  kali ini saya akan mengulas permasalahan tentang lampu sein yang mati di kendaraan roda dua nih, seinya mati mau itu mati mendakak, total tidak hidup sama sekali kita ulas penyebabnya,

Didalam kendaraan bermotor terdapat banyak komponen yang bisa mengakibatkan sein mati, nah berikut komponon-komponen yang bisa bikin lampu sein jadi mati :

1. Bohlam/Lampu sein
Tetapi bila bohlam mati maka lampu sein yang bohlamnya tidak mati akan tetap menyala, jadi apabila semua sein tidak menyala maka permasalahan bukan pada bohlam.


2.Tegangan Aki

Permasalahn pada aki sebenarnya tidak bermaslah pada sein, namun apabila aki soak/Lemah maka apabila mesin motor dalam keadaan mati maka sein tidak dapat menyala, namun apabila keadaan mesin sedang hidup maka sein berpungsi kembali secara normal.


3. Saklar

Terdapat di bagian kiri setang dan posisinya berada di antara saklar klakson dan lampu jauh. Saklar sein yang baik bila digerakan akan langsung membuat sein menyala tergantung kearah mana saklar tersebut digerakkan.

Penyebab sein sulit menyala bahkan enggan menyala bisa diakibatkan komponen ini juga lho.

Part mekanis ini biasanya kotor bagian dalamnya sehingga tidak ada arus yang diteruskan ke lampu sein, tetapi apabila saklar kotor biasanya masih bisa digunakan dengan mengetes menekan lebih dalam, tetapi apibila saklar rusak maka sein pun tidak menyala.


4. Flasher Sein Mati

Pada kendaraan roda dua komponen ini memang sering menjadi akibat sein mati total.

Jika semua kondisi lampu bohlam sein masih bagus, namun lampu sein tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan lainnya yang menyebbakan lampu sein tidak menyala terjadi karena flasher sein rusak atau mati. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai saklar otomatis yang berada pada lampu sein yang membuat lampu sein dapat menyala dan berkedip. Cobalah untuk memeriksa pada bagian ini yang terletak dekat kotak sekring. Jika memang terlihat ada bekas terbakar, maka cara mengatasi kerusakan ini adalah dengan mengganti flasher sein dengan yang baru, sesuai spesifikasi kendaraan anda.


Nahh itulah ulasan tentang lampu sein,

Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

Wa'alaikumsallam.

Salam hangat,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH STUDI SYARI'AH

Pengertian ITC dan Manfaat ITC bagi Organisasi

Danau Urugan Jalur Cipacet Sukasari Sumedang